Mandiri Secara Finansial Dimulai Dari Sekarang bersama Woobiz

Idealnya, siapapun dapat mandiri secara finansial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan mandiri secara finansial dan bagaimana caranya? Perlu Anda ketahui bahwa mandiri dalam hal finansial bukan perkara yang bisa didapat begitu saja. Pasalnya Anda harus memiliki kesiapan juga niat agar mencapai predikat tersebut. 

Mandiri secara finansial ini tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga berdampak pada keluarga. Orang yang sudah sedari dini menyadari pentingnya menjadi mandiri secara finansial akan bisa meraih berbagai tujuan hidup hingga ke level nyaman. Berbicara mengenai mandiri dalam ekonomi, di Indonesia angka pengangguran semakin bertambah. Hal ini tentu sangat meresahkan karena akan berimbas pada perekonomian bersama. Salah satu faktornya adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Padahal terlepas dari lapangan kerja, setiap orang mampu menjalankan bisnisnya sendiri tanpa terikat dengan orang lain. 

Seberapapun penghasilan dari bisnis tersebut bersyukurlah. Kelola keuangan Anda dengan baik agar tercipta keuangan yang sehat. Pasalnya mandiri secara finansial bukan hanya berarti dapat mencari uang sendiri, tapi juga pandai dalam mengelolanya.

Tips Untuk Bisa Mandiri Secara Finansial

  1. Memahami dan melakukan investasi

Hal pertama yang akan membawa Anda sebagai orang yang independent financial adalah memahami tentang investasi. Terutama para perempuan single dan ibu rumah tangga harus pandai menyisihkan uang untuk diinvestasikan. Pasalnya Anda tidak hidup untuk hari ini saja dan yang bisa menjamin kehidupan Anda nyaman di masa mendatang adalah diri sendiri. Salah satu faktornya yaitu memiliki tabungan yang sifatnya tidak stagnan. 

Berinvestasi akan membuat keuangan Anda lebih terkelola. Anda bisa memulai investasi misalnya dengan investasi emas, saham maupun asuransi.

  1. Memiliki tabungan

Tips kedua untuk mandiri secara finansial adalah memiliki tabungan. Ketahuilah bahwa Anda tidak hidup untuk makan hari ini saja. Apalagi untuk Anda yang sudah memiliki penghasilan harus menyisihkan uang untuk keperluan mendadak yang mungkin saja terjadi. Buatlah daftar keuangan yaitu dengan mencatat pengeluaran yang Anda butuhkan. Jangan terlalu konsumtif terhadap iklan. Idealnya lagi, perhitungkan dulu sebelum membeli, seleksi mana yang Anda butuhkan dan bukan sekedar keinginan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembelian hal yang tidak penting.

  1. Memiliki penghasilan sendiri

Untuk mandiri secara finansial tentu saja Anda harus memiliki penghasilan sendiri. Ini merupakan langkah awal dan menjadi dasar untuk hidup mandiri. Di mana Anda memiliki dana atau pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Untuk memiliki penghasilan sendiri Anda bisa mulai langkah awal dengan bisnis kecil. Jika tidak ada lowongan kerja maka buatlah lapangan kerja dengan Anda sebagai bosnya. 

Tidak apa bila saat ini Anda masih bergantung pada keluarga, teruslah berusaha lebih untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Anda bisa memulai menjadi pebisnis online atau reseller. 

  1. Memiliki pola pikir jangka panjang

Apabila saat ini Anda sudah berpenghasilan maka itu menjadi tanda bahwa Anda berhasil mandiri. Namun apa cukup sampai situ saja, tentu tidak. Independen financial bukan hanya tentang kehidupan di hari ini, tapi juga bagaimana Anda memiliki pola pikir jangka panjang untuk mengelolanya. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mandiri secara finansial Anda harus berpenghasilan. Nah, untuk mendapatkan penghasilan tentu saja cara utamanya adalah bekerja. Berbicara mengenai mencari pekerjaan tidak bisa asal-asalan, pasalnya Anda harus melakukan kegiatan tersebut setiap hari. 

Tips Mencari Pekerjaan

  1. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keahlian anda

Tips pertama sebelum Anda memilih pekerjaan adalah mengetahui keahlian yang dimiliki. Hal ini akan sangat membantu anda untuk profesional terhadap pekerjaan yang Anda lakukan. Misalnya jika anda memiliki keahlian desain grafis maka pekerjaan yang cocok untuk anda lakukan adalah editing. Atau untuk Anda yang gemar sekali memasak dan ahli di bidang tersebut maka bisa mencari pekerjaan yang hubungannya dengan dapur. Tips semacam ini bisa disebut hobi yang menghasilkan. Melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian hanya akan membuat Anda kesulitan. 

  1. Memperluas jaringan

Mendapat pekerjaan bisa dengan memperluas jaringan. Tentu Anda sudah tahu kekuatan koneksi. Di mana salah satu manfaatnya adalah mendapatkan pekerjaan menjadi lebih mudah. Apalagi jika Anda mengikuti berbagai komunitas, tentunya makin banyak hal yang bisa dijangkau. 

Ketika Anda memiliki lingkaran pertemanan yang luas maka mencari pekerjaan sepertinya bukan hal yang sulit. Biasanya mereka akan membantu mencari dan menawarkan perusahaan mana yang kiranya membutuhkan karyawan. Selain itu, Anda pun jadi lebih cepat memperoleh informasi terkait berbagai peluang yang ditawarkan. 

  1. Perkirakan waktu bekerja

Bekerja bisa dilakukan oleh semua kalangan baik pria maupun wanita. Bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa menjadi independen woman untuk keluarganya. Meski harus disibukkan dengan mengurus rumah tangga mulai dari kebersihan hingga pengasuhan, bukan hal mustahil untuk mandiri secara finansial. Pasalnya, kini Anda bisa menambah pemasukan meski hanya di rumah saja. Mengingat banyaknya lowongan kerja secara online yang bahkan bisa dilakukan di tempat Anda duduk. Misalnya menjadi reseller, content writer, desain grafis, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda harus memperhitungkan waktu dengan cermat untuk kerja sampingan tersebut. 

Jika Anda disibukkan dengan urusan rumah tangga, sebaiknya cari pekerjaan yang tidak terlalu memakan waktu seperti content writer. Atau Anda juga bisa mencari kerja dengan sistem shift. 

  1. Membuat CV yang lengkap dan menarik

Saat anda melamar suatu pekerjaan dokumen yang dibutuhkan adalah CV. Di mana CV tersebut berisi data diri Anda secara lengkap. Seperti data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, serta prestasi apa saja yang sudah pernah didapatkan. Nantinya semua hal tersebut akan menjadi pertimbangan HRD atau pemilik perusahaan apakah anda layak menjadi bagian dari mereka. CV ini juga dilengkapi dengan surat lamaran kerja dan berbagai dokumen seperti melampirkan ijazah atau sertifikat. 

Untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan selama berada di rumah, bergabunglah dengan platform social commerce Woobiz. Menjadi salah satu pelopor untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia, Woobiz menawarkan kemudahan untuk mendapat penghasilan tambahan. Salah satu misinya adalah memberdayakan masyarakat terutama ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial. 

Woobiz merupakan platform yang menyediakan berbagai produk dari brand ternama di Indonesia. Semua kebutuhan baik kebutuhan rumah tangga maupun pribadi bisa anda temukan di Woobiz. Anda bisa memulai menjadi Mitra Woobiz yang akan menawarkan produk baik secara online maupun offline. Dengan begitu Anda akan mendapat komisi sesuai dengan jumlah transaksi yang berhasil dilakukan. Sehingga meskipun disibukkan dengan pekerjaan rumah, perempuan tetap bisa mandiri secara finansial. Terutama untuk Anda yang ingin membantu perekonomian keluarga. Woobiz juga menyediakan program Wooniversity yang akan memberikan ilmu terkait menjadi penjual yang baik. 

Segera mulai bisnis Anda dan jadilah independent women secara finansial bersama Woobiz. Salam sukses!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Kisah Sukses Mitra Woobiz

Kisah sukses mitra merupakan bentuk apresiasi woobiz kepada Mitra yang sudah berjuang untuk bisa sukses mandiri secara finansial.…