Woobiz Memasuki Peluang Baru Dalam Mendukung Pendapatan Per Individu

Pandemi telah membawa kesedihan pada kita semua. Banyak cerita soal kehilangan keluarga, teman, kerabat, dan juga pekerjaan yang selama ini menjadi tumpuan dalam menghasilkan pendapatan. Persoalan tersebut turut menjadi perhatian kami, Woobiz. Peningkatan total pengangguran di Indonesia harus segera dicari penyelesaiannya, dan kali ini Woobiz akan semakin mendorong misi kami untuk menjadi solusi bagi Indonesia.

Melansir data dari Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas), tercatat bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) penduduk usia muda mengalami kenaikan 1,72% dibandingkan Februari 2020. Terhitung Februari 2021, TPT penduduk usia muda mencapai 18,03%. Jumlah tersebut hampir mencapai setengah dari total TPT nasional yang mencapai 8,75 juta penduduk. Usia muda dalam survei tersebut adalah 15 sampai 24 tahun, di mana pada 100 orang angkatan kerja usia muda, 18 di antaranya menganggur. Saat ini total angkatan kerja usia muda berjumlah 21,20 juta, maka artinya terdapat 3,82 juta penduduk usia tersebut yang tidak memiliki pekerjaan.

Ditambah Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia menyebutkan bahwa jumlah TPT di Indonesia merupakan yang paling tinggi di ASEAN, karena mencapai 20%. Sedangkan negara ASEAN lainnya seperti Myanmar, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Singapura masih berada di bawah 15%. Kementerian Ketenagakerjaan juga mencatat, hingga Mei 2020 1,79 juta buruh terkena dampak dari pandemi COVID-19. 

Kami melihat bahwa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah maraknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu, banyak juga perusahaan yang menerapkan kebijakan potong gaji hingga unpaid leave. Kondisi itu juga terjadi di dalam beberapa perusahaan rintisan atau startup di bidang transportasi dan pariwisata yang sangat terdampak pandemi COVID-19 ini. Bahkan kondisi meningkatnya total TPT di Indonesia diprediksi akan tetap naik hingga tahun depan.

Persoalan lainnya yang menjadi perhatian kami adalah rendahnya tingkat penyerapan tenaga kerja yang menambah tekanan pada angka ini Dalam analisis big data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat bahwa jumlah lowongan iklan di 10 sektor industri mengalami penurunan. 

Dengan sejumlah persoalan tersebut, kami menyadari bahwa misi Woobiz untuk memberdayakan individu agar memiliki kondisi finansial dan kehidupan yang lebih baik perlu semakin diperkuat realisasinya. Pandemi memang menutup berbagai akses pekerjaan karena kita perlu melakukan rangkaian protokol kesehatan, namun dengan inovasi teknologi, Woobiz yakin ada harapan yang besar untuk menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya, dengan menciptakan wadah yang tepat dan dinamis. Apalagi data menunjukkan bahwa total gig worker di Indonesia mengalami kenaikan mencapai 26 persen atau sejumlah 4,32 juta orang sejak pandemi.

Kami akan tetap memegang teguh komitmen Woobiz untuk terus berinovasi sebagai upaya dan solusi bagi Indonesia. Tidak hanya itu, bagi Woobiz, wadah penyerapan tenaga kerja saja tidak cukup, kita perlu mendorong tenaga kerja Indonesia dengan edukasi agar memenuhi kebutuhan dengan keterampilan juga penting. Dengan semangat untuk menjadikan Indonesia bangkit dan berdaya, sesaat lagi sarana edukasi dan inovasi itu akan Woobiz hadirkan. Segera.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Woobiz Blog
Read More

Our Journey

Super excited to start the journey. Starting small. Big things ahead.